Jamaah haji dari Indonesia setiap tahun terus meningkat kuotanya. Berbagai persiapan para jamaah haji terus dilakukan salah satunya menyiapkan dana untuk berbelanja oleh-oleh haji di tanah suci. Ada sebuah tips menarik karya Rafiq Jauhari dari sebuah buku Bahasa Arab untuk Jamaah Haji dan Umroh. Beberapa tips tersebut diantaranya:

  1. Hindari mengenakan pakaian ketat untuk wanita, atau pakaian yang tidak sopan. Jika Anda digoda, tariklah jilbab Anda dan tutup wajah Anda layaknya bercadar. Orang Arab akan menganggap Anda sedang menjaga harga diri Anda dan akan berhenti digoda.
  2. Jika Anda ingin menawar harga oleh-oleh haji, tawarlah dengan sopan dan jangan gunakan bahasa-bahasa yang genit.
  3. Saat Anda memutuskan berbelanja di pasar, jangan pergi sendirian. Ajaklah kelompok atau suami Anda untuk menemani agar lebih aman

Selain beberapa adab di atas, Anda bisa mempelajari beberapa kosakata bahasa Arab yang penting untuk Anda ketahui saat berbelanja oleh-oleh haji, seperti:

  1. Semuanya berapa ? = Kulluh bikam ?
  2. Ini Gratis ? = Hadza balasy ?
  3. Ada diskon ? = Fii takhfidh ?
  4. Harga pasnya berapa ? = Aakhiir bikam ?
  5. Mana kembaliannya ? = Wein baqi ?
  6. Ada ukuran kecil ? = Fii magas aakhar ?

Itulah beberapa tips dan kosakata yang penting untuk Anda ketahui saat berbelanja oleh-oleh haji di tanah suci. Semoga ada manfaatnya. Jika Anda yang ingin membeli oleh-oleh haji di tanah air. Anda bisa membeli di Zaidan Mall. Disana banyak menjual oleh-oleh haji. Kunjungi Zaidan Mall di https://tokooleholehhaji.com atau www.zaidanmall.com